PENGENALAN MICROSOFT WORD 2010,MENU DAN FUNGDI MENU MS WORD 2010

PENGENALAN MICROSOFT WORD 2010,MENU DAN FUNGDI MENU MS WORD 2010

Microsoft Word merupakan software pengolah kata yang sering digunakan dan sangat populer pada saat ini. Secara umum Microsoft Word adalah Software untuk mengolah huruf atau kata yang biasa digunakan untuk membuat laporan, karya ilmiah dan lain sebagainya Software ini berada dalam satu paket Microssoft Office yang berisi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Access dan lain-lain.
fungsi microsoft word:

Microsoft Word memiliki banyak fungsi diantaranya adalah sebagai berikut;
  •        Membuat dokumen dan menyimpan dokumen
  • ·             Dapat membuat tulisan yang bervariasi
  • ·              Bisa membuat grafik dan tabel
  • ·              Membuat surat
  • ·              Memasukkan gambar

  Memulai Microsoft Word 2010

Langkah pertama sebelum anda memulai Microsoft Word, anda harus mengecek komputer apakah program Microsoft Word 2010 ini sudah terinstal atau belum. Jika sudah terinstal, anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan.
Langkah-langkah membuka Microsoft word 2010;
a. Klik menu Start, kemudian arahkan ke All Program.
b. Klik Microsoft Office dan kemudian klik ikon Microsoft Word 2010
c. Sekarang anda sudah membuka Microsoft Word 2010

bar kerja Microsoft Word 2010 memiliki menu tab yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan dengan cepat. Tab menu tersebut adalah Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View.





a.Tabs Menu adalah bagian dari quick access yang terdapat pada microsoft office word 2010 dimana menu ini difungsikan untuk akses cepat menuju suatu akses fungsi yang dapat kalian gunakan ketika kalian sedang membuat dokumen teks atau gambar. Perlu kalian ketahui bahwa yang termasuk kedalam tab menu office word 2010 adalah sebagai berikut :

  1. Tab File
  2. Tab Home
  3. Tab Insert
  4. Tab Page Layout
  5. Tab References
  6. Tab Maillings
  7. Tab Review
  8. Tab View

 b.Ribbon jika diartikan secara menyeluruh adalah bagian utama menu office word 2010 yang menampilkan beberapa menu akses cepet seperti Tabs menu, Groups Menu dan Command.

Namun jika kita artikan secara spesifik Ribbon adalah suatu kumpulan tool menu yang terdapat pada bagian tab menu, dimana kumpulan-kumpulan tool ini juga dibagi menjadi beberapa bagian yang disebut dengan group. Perlu kalian ketahui bahwa dari setiap tool-tool tersebut mempunyai fungsi kerja masing-masing dan bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan yang kalian perlukan. Yang termasuk kedalam kategori ribbon adalah sebagai berikut
  1. Tabs Menu - Bagian ini bisa terlihat di bagian atas Ribbon dan berisi beberapa kelompok perintah terkait yang digolongkan berdasarkan tabs tertentu seperti Home, Insert, Page Layout adalah contoh tab ribbon.
  2. Groups - Bagian ini merupakan kumpulan alat untuk mengatur perintah tertentu, setiap nama grup muncul didalam tabs menu pada Ribbon, seperti groups clipboard, group font dan group paragraph.


c.Title Bar merupakan identitas atau nama dari suatu dokumen yang sedang kalian kerjakan. Secara default title bar ini akan muncul dengan keterangan Documen1 - Microsoft Word, namun ketika kalian sudah menyimpan dokumen tersebut dengan sebuah nama, maka nama tersebut akan berubah menjadi nama_dokumen_kalian - Microsoft Word .



d.e.Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab File


    1. Save - Menyimpan dokumen ke tempat penyimpanan komputer
    2. Save As - Menyimpan dokumen dengan beberapa pilihan format lain seperti PDF, Doc, Dot, Html, xml dan format lainnya
    3. Open - Untuk membuka file dokumen yang bisa terbaca di office word 2010
    4. Close - Untuk menutup dokumen yang sedang dikerjakan
    5. Info - Untuk menampilkan informasi lain seperti jika kalian akan memberikan password atau kunci keamanan di dokumen yang kalian buat
    6. Recent - Untuk melihat informasi dokumen yang telah kalian kerjakan sebelumnya
    7. New - Untuk membuat dokumen baru yang support dengan office word 2010, diantara dokumen docx, doc, membuat design template dll.
    8. Print - Menampilkan informasi dokumen yang akan diprint, serta kalian juga dapat mengatur setelan print out yang diinginkan
    9. Save & Send - Untuk menyimpan dan mengirim langsung dokumen yang kalian buat, salah satunya adalah langsung mengirimnya ke alamat email atau blog khusus
    10. Help - Untuk menampilkan bantuan-bantuan yang tedapat di office word 2010
    11. Options - Untuk melakukan pengaturan di aplikasi office word 2010, seperti display, theme, font default dll.
    12. Exit - Untuk keluar dari aplikasi word 2010     

    Komentar